
TUGUJOGJA – Tingginya antusiasme masyarakat terhadap moda transportasi kereta api selama libur panjang Waisak 2025 kembali terbukti.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta mencatat tingkat okupansi kereta api mencapai 109 persen. Total 89.474 tiket terjual dari 82.082 kursi yang tersedia selama periode 9 hingga 13 Mei 2025.
“Angka ini menunjukkan kepercayaan tinggi dari masyarakat terhadap layanan kereta api, terutama di masa liburan seperti sekarang,” ungkap Feni Novida Saragih, Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Selasa (13/5/2025).
4 Kereta Tambahan Laris Manis
Selama masa angkutan Waisak, KAI Daop 6 menambah empat perjalanan kereta api tambahan untuk mengakomodasi lonjakan penumpang. Ternyata, penambahan tersebut disambut antusias oleh para calon pelancong maupun pemudik.
“Empat KA tambahan kami operasikan untuk menjawab tingginya permintaan, dan semuanya diminati masyarakat,” tambah Feni.
Tingginya tingkat okupansi ini mungkin berkat penerapan sistem dynamic seat occupancy, di mana satu kursi dapat digunakan oleh lebih dari satu penumpang dalam sehari. Hal ini terjadi karena penumpang naik dan turun di berbagai stasiun antara titik awal dan tujuan akhir.
Misalnya, penumpang dari Yogyakarta ke Kutoarjo menggunakan satu kursi di pagi hari, lalu oleh penumpang lain dari Kutoarjo ke Purwokerto pada siang hari. Pola ini membuat okupansi bisa melebihi 100 persen meski jumlah kursi terbatas.
Puncak Arus Balik di Awal Pekan
Puncak arus balik terjadi pada Senin (12/5) dengan 20.969 tempat duduk terjual. Selanjutnya, Selasa (13/5) sebanyak 18.774 kursi terjual berdasarkan data hingga pukul 10.00 WIB.
Lonjakan ini terdorong oleh masyarakat yang pulang ke tempat tinggal atau kembali bekerja setelah memanfaatkan libur panjang untuk berwisata dan bersilaturahmi.
Feni mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket melalui kanal resmi seperti aplikasi Access by KAI, situs kai.id, dan mitra penjualan daring lainnya.
“Jangan menunda pembelian tiket, apalagi di waktu favorit seperti akhir pekan atau hari libur nasional. Tempat duduk bisa cepat habis,” katanya.
Untuk mendukung kelancaran masa angkutan libur Waisak, seluruh unsur operasional KAI Daop 6 siaga penuh. Termasuk petugas layanan pelanggan, keamanan, serta tim pemeliharaan stasiun dan sarana kereta.
“Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, mulai dari pemesanan tiket, pengalaman di stasiun, hingga kenyamanan selama perjalanan,” pungkas Feni. (ef linangkung)