
TUGUJOGJA – Baru-baru ini, para pengguna aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional atau Mobile JKN dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan sempat menghadapi kendala teknis tertentu.
Tak sedikit dari mereka mengeluh tidak bisa mengakses layanan karena gagal login ke dalam aplikasi.
Padahal, Mobile JKN adalah aplikasi penting yang digunakan untuk berbagai keperluan administrasi BPJS Kesehatan, seperti melihat status kepesertaan, mengakses riwayat pelayanan, hingga melakukan perubahan data.
Keluhan yang umumnya muncul adalah proses login yang berjalan lambat, bahkan cenderung tidak bisa diakses sama sekali.
Pengguna diminta untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan, kata sandi, serta kode keamanan berupa chapcha seperti biasa.
Namun setelah itu, sistem hanya menampilkan animasi loading yang tidak kunjung selesai.
Tak lama kemudian, aplikasi memberikan notifikasi gagal login dengan pesan, “Permintaan Anda belum dapat diproses, silahkan mencoba beberapa saat lagi.”
Lantas, bagaimana cara mengatasinya?
Cara Mengatasi Mobile JKN Error Tidak Bisa Login
Bagi Anda yang mengalami masalah serupa, berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah gagal login di aplikasi Mobile JKN:
Cobalah Login Secara Berkala
Melalui akun X @BPJSKesehatanRI, pihak BPJS menyarankan agar pengguna tidak perlu panik.
Cara paling efektif untuk sementara waktu adalah dengan mencoba masuk kembali secara berkala.
Sebab, bisa jadi sedang ada perbaikan atau peningkatan sistem yang dilakukan oleh pihak BPJS.
Pantau Informasi Resmi dari BPJS Kesehatan
Selalu ikuti informasi terkini dari BPJS Kesehatan melalui akun media sosial resmi atau situs web resminya.
Di sana biasanya akan diumumkan status terkini dari sistem, termasuk estimasi waktu perbaikan dan informasi lain yang penting bagi pengguna.
Cek Jaringan Internet Anda
Kemudian, pastikan jaringan internet yang Anda gunakan stabil dan kuat.
Meskipun masalah utama berasal dari sisi server, koneksi internet yang lemah bisa memperburuk proses login.
Hapus Cache Aplikasi
Anda juga bisa mencoba membersihkan cache aplikasi Mobile JKN melalui pengaturan perangkat.
Hal ini dapat membantu mempercepat proses pemuatan aplikasi.
Sabar Menunggu
Jadi kesimpulannya, cara terbaik mengatasi tidak bisa login Mobile JKN adalah dengan menunggu serta mencoba login secara berkala.
Sebab, ini merupakan masalah umum yang juga bisa terjadi pada pengguna lain, terutama jika ada proses perbaikan sistem oleh BPJS Kesehatan.
Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa solusi yang sudah dijelaskan di atas.
Dengan begitu, maka Anda diharapkan tetap bisa mengakses layanan BPJS Kesehatan saat sistem kembali normal.***