
TUGUJOGJA – Simak berikut kunci jawaban Lesson Study 3.4 PINTAR Kemenag yang bisa dijadikan referensi belajar guru peserta pelatihan ini.
Pelatihan PINTAR Kementerian Agama (Kemenag) kembali hadir dengan materi yang penting untuk pengembangan profesionalisme guru, salah satunya adalah topik Lesson Study pada Modul 3.4.
Dalam proses pelatihan ini, para guru peserta diminta untuk memahami materi sekaligus mengerjakan soal-soal latihan yang berkaitan dengan penyusunan plan dalam Lesson Study.
Untuk membantu proses belajar, berikut disajikan kunci jawaban Lesson Study 3.4 PINTAR Kemenag yang dapat dijadikan referensi dan bahan belajar mandiri di rumah.
Dengan memahami terlebih dahulu bentuk soal dan mempelajari jawaban yang tepat, maka para peserta pelatihan akan lebih siap dalam mengerjakan modul dan menangkap esensi dari pembelajaran.
Untuk itu, tanpa berlama-lama lagi, malansir dari berbagai sumber, berikut adalah kunci jawaban lengkap untuk sepuluh soal yang terdapat dalam Modul 3.4.
Soal dan Kunci Jawaban Lesson Study 3.4 Platform PINTAR Kemenag
1. Pada saat open class, fokus pengamatan pada…
A. observer
B. kamera
C. siswa
D. guru
Jawaban: siswa
2. Diskusi antara guru dan pengamat yang dipandu oleh kepala sekolah atau personel yang ditunjuk untuk membahas pembelajaran yang telah dilaksanakan terjadi pada tahap…
A. Tahapan plan
B. tahapan see
C. tahapan pelaporan
D. tahapan do
Jawaban: tahapan see
3. Di dalam Lesson Study, untuk menemukan dan memecahkan kasus pembelajaran melibatkan guru lain guna melihat secara langsung (observasi) proses pembelajaran. Tugas utama observer (guru pengamat) sebenarnya adalah….
A. menemukan kasus pembelajaran dan memberi masukan penanganan terkait kasus pembelajaran yang ditemukan
B. melihat proses pembelajaran berjalan lancar atau tidak
C. menemukan kesalahan guru dalam mengajar dan menunjukkan kesalahan tersebut pada sesi refleksi
D. mengamati dan mencatat kasus siswa dalam belajar, merekam, lalu menunjukkannya pada sesi refleksi
Jawaban: mengamati dan mencatat kasus siswa dalam belajar, merekam, lalu menunjukkannya pada sesi refleksi
4. Pada saat refleksi, objek yang didiskusikan meliputi hal-hal berikut ini, kecuali…
A. bukti-bukti konkrit berdasarkan hasil pengamatan
B. kapan siswa belajar dan kapan siswa tidak dapat belajar
C. memperdalam masalah-masalah yang ditemukan
D. cara mengajar yang sebaiknya dilakukan oleh guru
Jawaban: cara mengajar yang sebaiknya dilakukan oleh guru
5. Yang diutamakan dalam pemilihan materi saat merancang plan adalah…
A. mapel yang dibenci siswa agar siswa menjadi suka
B. materi yang sulit untuk dapat dipecahkan secara bersama
C. materi yang mudah sehingga guru dan siswa dapat berinteraksi
D. mapel yang disukai siswa agar siswa aktif saat open class
Jawaban: materi yang sulit untuk dapat dipecahkan secara bersama
6. Urutan langkah yang harus dilakukan pada tahap plan adalah…
A. pemilihan materi, identifikasi masalah, pemilihan metode, dan jenis evaluasi
B. pemilihan metode, identifikasi masalah, pemilihan materi, dan jenis evaluasi
C. identifikasi masalah, pemilihan materi, pemilihan metode, dan jenis evaluasi
D. identifikasi masalah, pemilihan materi, jenis evaluasi, dan pemilihan metode
Jawaban: pemilihan materi, identifikasi masalah, pemilihan metode, dan jenis evaluasi
7. Pembelajaran bukan hanya tanggung jawab guru di kelas, melainkan tanggung jawab kepala sekolah, orang tua, dan masyarakat merupakan konsep…
A. society of education
B. learning community
C. society of learning
D. learning society
Jawaban: learning community
8. Yang bukan termasuk poin penting yang harus dianalisa ketika sebuah rencana pembelajaran disusun, adalah…
A. jumlah siswa dalam rombel memenuhi syarat
B. proses pembelajaran dan metodologi jelas
C. sikap belajar siswa diperhatikan, kesimpulannya jelas
D. konsep dan tujuan pelajaran dengan jelas disebutkan dengan kalimat yang ringkas
Jawaban: jumlah siswa dalam rombel memenuhi syarat
9. Posisi observer sebaiknya…
A. di pojok kanan belakang agar siswa tidak terhalang pendampingnya
B. di mana saja asalkan dapat mengamati interaksi siswa
C. dekat dengan guru model
D. di pojok kiri belakang agar siswa tidak terhalang pendampingnya
Jawaban: di mana saja asalkan dapat mengamati interaksi siswa
10. Gambar tersebut menunjukan tahapan pada lesson study yaitu….
A. Tahapan Plan
B. Tahapan Do
C. tahapan See
D. Tahapan Pelaporan
Jawaban: Tahapan Plan
Perlu diingat, soal dan kunci jawaban di atas hanyalah referensi belajar dan apa yang ada dalam pelatihan bisa berbeda-beda. Jawaban juga tidak bersifat mutlak.
Nah, itu tadi kunci jawaban Lesson Study 3.4 PINTAR Kemenag yang bisa dijadikan bahan belajar para peserta pelatihan.***