
TUGUJOGJA- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta mengimbau seluruh pelanggan kereta api memanfaatkan layanan e-Porter untuk mempermudah perjalanan.
KAI Daop 6 memastikan layanan ini hadir sebagai inovasi digital terbaru untuk meningkatkan kenyamanan penumpang saat naik maupun turun kereta api di stasiun.
Layanan e-Porter
KAI Daop 6 Yogyakarta meluncurkan fitur e-Porter pada aplikasi Access by KAI sebagai solusi praktis bagi pelanggan yang membawa banyak barang. KAI Wisata sebagai anak usaha KAI mengembangkan layanan e-Porter agar para penumpang dapat memesan jasa porter melalui ponsel tanpa ribet.
Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih, menegaskan e-Porter memberikan kemudahan dan kepastian tarif bagi seluruh pelanggan. fitur e-Porter memiliki banyak keunggulan. Fitur ini memudahkan pelanggan yang membutuhkan bantuan porter saat membawa barang.
“Pelanggan dapat memesan jasa porter sekaligus membeli tiket kereta api dalam satu aplikasi Access by KAI,” tuturnya.
Feni memastikan sistem baru ini menjawab kebutuhan pelanggan di era digital. Ia mengatakan pelanggan tidak perlu khawatir dengan tarif porter karena sistem telah menetapkan harga pasti sebesar Rp38.000 per sekali penggunaan.
Feni mengungkapkan KAI sebelumnya menerapkan sistem tarif sukarela untuk jasa porter. Namun, tarif sukarela kerap menimbulkan kebingungan di antara pelanggan dan porter. KAI melalui transformasi digital memastikan tarif porter kini transparan, tertib, dan sesuai standar layanan.
Sosialisasi pada Para Porter
KAI Wisata bersama KAI Daop 6 Yogyakarta juga telah menyosialisasikan sistem baru ini kepada para porter di Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan. Para porter tetap bekerja seperti biasa namun kini mereka didukung teknologi yang membuat pelayanan lebih tertib, efisien, dan profesional.
“Porter merasa terbantu karena sistem e-Porter mempermudah proses transaksi dan meningkatkan kepercayaan pelanggan,” klaimnya.
Feni menegaskan saat ini layanan e-Porter tersedia di Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan untuk wilayah Daop 6 Yogyakarta. Namun, pelanggan di berbagai daerah lain juga dapat menikmati fitur e-Porter di stasiun besar lain.
- Stasiun Gambir
- Stasiun Bandung
- StasiunCirebon
- Stasiun Purwokerto
- Stasiun Semarang Tawang
- Stasiun Madiun
- Stasiun Malang
- Stasiun Surabaya Pasar Turi
- Stasiun Surabaya Gubeng
- Stasiun Pasar Senen
- Stasiun Jatinegara
- Stasiun Bekasi
Feni memastikan KAI akan terus menghadirkan layanan berbasis teknologi untuk seluruh kalangan. Ia mengatakan integrasi e-Porter dengan aplikasi Access by KAI menjadi bentuk komitmen KAI menghadirkan perjalanan nyaman, lancar, dan modern bagi pelanggan.
Feni menegaskan KAI ingin memastikan semua pelanggan merasakan layanan prima di setiap perjalanan mereka.
“Kami mengajak para pelanggan untuk mulai menjadikan e-Porter sebagai bagian dari rutinitas perjalanan kereta api. Dengan layanan ini, pelanggan dapat menikmati perjalanan tanpa repot membawa barang bawaan,” tutup Feni. (ef linangkung)