
TUGUJOGJA – Bagi Anda peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2025, khususnya pada mata pelatihan Pembelajaran Sosial Emosional (PSE), kini saatnya mempersiapkan diri menghadapi Post Test Modul 2.
Evaluasi ini merupakan langkah penting setelah Anda menyelesaikan seluruh materi yang terdiri dari empat subtopik dalam Modul 2.
Post Test Modul 2 PPG 2025 PSE ini memuat 5 soal utama yang harus dijawab dengan cermat.
Setiap soal memiliki bobot poin yang berbeda, dan total nilai tertinggi yang bisa Anda peroleh adalah 25 poin.
Nilai ini menjadi penentu kelulusan pada tahapan modul dan akan sangat memengaruhi progres Anda dalam mengikuti PPG Daljab 2025.
Dan untuk membantu peserta supaya bisa belajar lebih fokus, berikut kami sajikan kumpulan soal dan kunci jawaban Post Test Modul 2 PPG 2025 PSE 1 secara lengkap.
Kunci Jawaban Post Test Modul 2 PPG 2025 PSE 1
Soal 1
Pak Andi adalah wali kelas yang sering mengingatkan siswa untuk datang tepat waktu ke sekolah. dan masuk kelas sesuai jadwal. Namun belakangan ini banyak siswa yang mulai memprotes karena Pak Andi sendiri sering datang terlambat. Apabila ditelusuri, keterlambatan Pak Andi bukan tanpa alasan, akan tetapi Pak Andi yang sedang merawat orang tuanya yang sedang sakit dan terkadang membutuhkan waktu yang lebih lama ketika pagi hingga pagi hari sehingga ia datang terlambat. Meskipun demikian, siswa tidak mengetahui alasan keterlambatan tersebut sehingga mereka merasa ada ketidaksesuaian antara ucapan dan tindakan Pak Andi. Jika Anda menjadi Pak Andi, bagaimana cara menyikapi para siswa?
- Jawaban: Melakukan evaluasi diri dan mencari solusi alternatif sehingga dapat berkomitmen untuk datang tepat waktu ke sekolah
Soal 2
Bu Indah adalah guru kelas 6 SD. Di dalam tugas kelompok, Bu Indah memperhatikan bahwa siswanya yaitu Danu dan Ninda bertengkar akibat adanya perbedaan pendapat. Anda mencoba melerai dan membimbing mereka agar saling menghargai pendapat satu sama lain. Namun, Dano berpendapat bahwa Ninda selalu ingin mengambil alih semua keputusan dan menolak ide dari anggota kelompok lainnya. Sementara Ninda merasa bahwa pendapat dari anggota lain tidak sesuai dengan instruksi tugas. Ia juga menginginkan pekerjaan kelompok ini cepat selesai dan mengikuti cara-cara darinya. Alhasil, antara Danu dan Inda tidak ada yang ingin mengalah dan meminta maaf satu sama lain dalam situasi ini. Tindakan apa yang sebaiknya dilakukan oleh Bu Indah agar Danu dan Ninda dapat menunjukkan keterampilan sosial dalam bekerja sama.
- Jawaban: Menginisiasi sesi refleksi diri untuk para siswa dalam bekerja kelompok dan pentingnya mendengarkan dan menghargai satu sama lain.
Soal 3
Anda adalah guru yang ingin mengajarkan konsep pertolongan pertama pada kecelakaan kepada siswa kelas 4 SD. Anda diminta para siswa untuk berkelompok dan melaksanakan praktik bermain peran ataupun role play dengan cara salah satu siswa pura-pura terluka ringan dan yang lain menjadi penolong. Saat kegiatan berlangsung, para siswa terlihat sangat antusias namun banyak yang tidak memperhatikan arahan dari Anda. Terlihat banyak siswa bermain-main saat role play hingga berlarian. Anda berusaha menghentikan kegaduhan dan mengarahkan siswa kembali ke aktivitas yang lebih terarah. Tetapi sebagian siswa justru menjadi semakin gaduh. Bahkan ada yang menolak mengikuti instruksi Anda. Dalam situasi ini apa tindakan yang Anda lakukan?
- Jawaban: Menghentikan kegiatan roleplay serentak dan meminta siswa bergantian melakukan roleplay di depan kelas sehingga berjalan kondusif.
Soal 4
Dalam rangka membangun school wellbeing, Anda mengusulkan pembentukan satuan tugas atau satgas anti perundungan. Pada awalnya program ini disambut baik oleh para guru dan siswa hingga banyak di antara mereka mendaftarkan diri sebagai anggota Satgas. Namun tim perwakilan guru khawatir jika nantinya tidak dapat meluangkan waktu untuk membina dan menjalankan tugasnya di Satgas karena beban mengajar yang tinggi. Kondisi ini juga dikhawatirkan akan berdampak pada efektivitas program-program yang akan dilaksanakan nantinya sehingga dampak nyata dari keberadaan Satgas tidak sepenuhnya terasa. Melihat situasi ini, tindakan apa yang Anda lakukan.
- Jawaban: Bersama-sama mengkaji program dengan menyesuaikan kondisi para anggota sehingga program tetap memiliki dampak dan berjalan efektif.
Soal 5
Anda adalah guru matematika di sebuah SMA. Untuk mengajarkan konsep statistika, Anda merancang sebuah proyek experimental learning yang dikemas dengan proyek menganalisis data dalam kehidupan sehari-hari. Para siswa akan mengumpulkan data, menganalisisnya, dan mempresentasikan temuan mereka dalam bentuk laporan dan presentasi. Anda berencana melibatkan guru bahasa Indonesia untuk membantu mereka dalam menulis laporan yang baik dan guru BK untuk memfasilitasi keterampilan komunikasi dan kerja sama tim. Beberapa guru di sekolah merasa proyek ini akan terlalu banyak melibatkan waktu di luar kelas dan khawatir mengganggu jadwal pelajaran mereka. Bagaimana Anda mengatasi situasi ini?
- Jawaban: Mengadakan diskusi kolaboratif dengan guru terkait untuk menjelaskan manfaat lintas mata pelajaran dalam proyek ini, dan mengatur pembagian waktu agar tidak mengganggu agenda utama pembelajaran.
Perlu diingat kunci jawaban di atas hanyalah referensi belajar, dan jawaban tidak bersifat mutlak.***